Analisis Kepuasan dan Loyalitas konsumen di Delish Resto & Cafe
Date
2024Author
Atwutsani, Althrof
Chasanah, Alfa
Anggraini, Raden Isma
Metadata
Show full item recordAbstract
Omset Delish Resto & Cafe belum mencapai titik stabil selama tiga tahun
terakhir. Tingginya persaingan membuat Delish Resto & Cafe harus memperbaiki
kinerjanya dalam mempertahankan loyalitas dan kepuasan konsumen. Tujuan
penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik, kepuasan, loyalitas konsumen,
dan memberikan rekomendasi perbaikan atribut. Kuesioner dibagikan kepada 100
konsumen untuk pengumpulan data, dari bulan Juni-Juli 2024. Data dianalisis
menggunakan CSI dan IPA. Hasil perhitungan CSI menunjukkan bahwa nilai
indeks kepuasan konsumen pada Delish Resto & Cafe adalah sebesar 78,13 persen
atau masuk dalam kategori “puas”. Hasil analisis piramida loyalitas konsumen
menunjukkan bahwa tingkat loyalitas konsumen Delish Resto & Cafe sudah cukup
baik yang didominasi oleh satisfied buyer dan liking the brand, namun belum
menggambarkan loyalitas konsumen yang sempurna. Hasil pemetaan IPA
menunjukkan bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan kinerja
meliputi pengetahuan pramusaji tentang produk, kesigapan pelayan dalam melayani
konsumen, serta kecepatan dan ketepatan dalam penyajian.
Collections
- UT - Business [424]