Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Live Streaming Tiktok This Is April Pada Be Agency
Date
2024Author
Zahra, Nanda Muthia
Astuti, Vivien Febri
Mulyawaty, Siska
Metadata
Show full item recordAbstract
Strategi komunikasi pemasaran memiliki tujuan untuk melakukan pemasaran
yang tepat pada pelanggan. Banyaknya total poin pelanggaran yang telah
didapatkan oleh akun This is April akibat dari strategi yang BE Agency terapkan
pada saat live streaming di beberapa brand memberikan dampak pada akun Tiktok
brand tersebut. Poin pelanggaran yang didapatkan berdasarkan dengan peraturan
regulasi Tiktok dimana bisa berasal dari Gimmick atau Talking Point yang
diterapkan oleh BE Agency pada live streaming tersebut. Maka dari itu
dibutuhkannya peningkatan strategi komunikasi pemasaran BE Agency pada live
streaming Tiktok This is April. Peningkatan strategi baru yang diterapkan berupa
peningkatan dari segi Talking point dan gimmick. Metode yang digunakan yaitu
kualitatif yang memiliki karakteristik mengutamakan dan menghargai persepsi atau
pendapat dari narasumber. Peningkatan strategi yang dilakukan pada laporan ini
yaitu menghindari mark-up harga dimana menurunkan harga tidak jauh dari harga
yang ditentukan oleh brand dan tertera pada layar Tiktok demi menghindari terkena
nya regulasi dari Tiktok dan tetap menjaga citra brand.
Kata Kunci: gimmick, live streaming, komunikasi pemasaran, talking point,
tiktok. Marketing communication strategies have the aim of carrying out appropriate
marketing to customers. The total number of violation points that have been
obtained by the This is April account as a result of the strategy that BE Agency
implemented during live streaming on several brands has had an impact on the
brand's Tiktok account. The violation points obtained are based on Tiktok
regulations which can come from Gimmicks or Talking Points applied by BE
Agency on the live streaming. Therefore, it is necessary to improve BE Agency's
marketing communication strategy on the Tiktok This is April live streaming. The
new strategy improvements implemented are in the form of improvements in terms
of talking points and gimmicks. The method used is qualitative which has the
characteristic of prioritizing and respecting the perceptions or opinions of the
sources. The improved strategy carried out in this report is to avoid price mark-ups
by reducing the price not far from the price determined by the brand and displayed
on the Tiktok screen in order to avoid being subject to Tiktok regulations and
maintain the brand image.