dc.description.abstract | Penelitian ini mengkaji penerapan model bisnis inklusif dalam rantai nilai
kopi di Malabar Mountain Coffee, Kota Bogor. Tujuan utama studi adalah
menganalisis model bisnis inklusif dan rantai nilai kopi di Kota Bogor, serta
merumuskan alternatif strategi peningkatan inklusivitas aktor dalam rantai nilai
kopi. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan
pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Analisis dilakukan
menggunakan metode analisis rantai nilai, pemetaan BMC, penilaian tingkat
inklusivitas dengan framework SI-RCOV, dan penentuan pengaruh faktor
struktural terhadap bisnis inklusif dalam tata kelola rantai nilai kopi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat inklusivitas Malabar Mountain Coffee
tergolong sangat inklusif (indeks 4,24) dengan nilai persepsi 5. Namun, aspek
Resources and Competences (RC) memerlukan sedikit peningkatan (indeks 3,99)
dengan nilai persepsi 4 dan tata kelola rantai hierarchy. Implikasi praktis meliputi
peningkatan inisiatif petani dalam keterlibatan rantai nilai, serta pendampingan dan
pembinaan oleh Malabar Mountain Coffee terhadap petani. | |