Strategi Peningkatan Pengguna Platform Digital "Fishlog: B2B Marketplace" PT Rantai Pasok Teknologi
Date
2024Author
Antaresta, Alya Ayu
Zulbainarni, Nimmi
Nuraisyah, Ani
Metadata
Show full item recordAbstract
Fishlog – B2B Marketplace merupakan salah satu platform inovasi dari PT
Rantai Pasok Teknologi yang berfungsi untuk menghubungkan pemasok dan para
pelaku usaha lainnya di industri perikanan. Dalam pengembangan Fishlog – B2B
Marketplace, PT Rantai Pasok Teknologi mengalami kesulitan dalam
meningkatkan penggunanya. Hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya unduhan di
Playstore dan traffic platform yang sedikit sejak tahun pembuatannya. Tujuan
peneliti adalah mengidentifikasi kondisi penggunaan, faktor internal dan eksternal,
serta merumuskan strategi yang dapat digunakan untuk peningkatan pengguna
platform tersebut. Penelitian menggunakan alat analisis bauran pemasaran 7P,
matriks IFE dan EFE, matriks SWOT, dan QSPM sehingga dapat mengidentifikasi
kondisi penggunaan platform saat ini dan mendapatkan prioritas alternatif strategi
berdasarkan kekuatan, kelemahan internal perusahaan serta dianalisis berdasarkan
peluang dan ancaman eksternal yang dapat mempengaruhi proses jalannya Fishlog
– B2B Marketplace. Hasil penelitian menunjukan terdapat tujuh alternatif strategi
yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Fishlog – B2B Marketplace is one of innovation from PT Rantai Pasok
Teknologi which functions to connect suppliers and other business actors in the
fishing industry. In the development of Fishlog – B2B Marketplace, PT Rantai
Pasok Teknologi has been having a hard time to increase its users. This can be seen
from the low number of downloads on Playstore and the small growth in
Marketplace traffic since the year it was created. The purpose of this research is to
identify conditions of usage, internal and external factors, and formulate strategies
that can be used to increase users of the platform. The research used the 7P
marketing mix analysis tools, IFE and EFE matrix, SWOT matrix, and QSPM so
that it can identified the current conditions of platform usage and formulated
alternative strategies and the priority of it based on the company's internal strengths
and weaknesses also external opportunities and threats that could influence the
Fishlog – B2B Marketplace running process. The research results showed that there
are seven alternative strategies that can be implemented.
Collections
- UT - Business [424]