Hubungan Bisnis dan Masyarakat Melalui Pendekatan Teori Ekonomi Politik: Kajian Literatur Terintegrasi
Abstract
Hubungan antara bisnis dan masyarakat sangat mempengaruhi inovasi dan keuntungan berkelanjutan. Namun, teori-teori ekonomi politik tradisional telah stagnan dan kurang memadai dalam menjawab dasar-dasar hubungan bisnis dan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teori- teori yang berkembang dalam menganalisis hubungan bisnis dan masyarakat. Penelitian ini juga akan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait teori- teori yang relevan dalam hubungan bisnis dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Kajian Literatur Terintegrasi dengan memanfaatkan pangkalan data Scopus dan sumber relevan tambahan lainnya. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 25 teori ekonomi politik awal yang membahas hubungan bisnis dan masyarakat. Melalui analisis meta-agregasi, beberapa teori ditemukan kurang relevan dan mempersempit fokus pada sepuluh teori inti, yaitu Teori Ketergantungan, Teori Kelembagaan, Teori Legitimasi, Teori Liberalisme, Teori Kapitalisme, Teori Sosialisme, Teori Konsesi Pasar, Teori Keynesian, Teori Keadilan, dan Teori Partisipasi Publik. The relationship between business and society significantly influences sustainable innovation and profitability. However, traditional political economy theories have stagnated and are inadequate in addressing the foundations of the business-society relationship. Therefore, this study aims to identify emerging theories in analyzing the business-society relationship. This research also provides a comprehensive understanding of relevant theories in this context. The study employs an Integrated Literature Review method, utilizing the Scopus database and other relevant sources. The findings reveal 25 initial political economy theories addressing the business-society relationship. Through the meta-aggregation analysis, several theories were found to be less relevant, narrowing the focus to ten core theories: Dependency Theory, Institutional Theory, Legitimacy Theory, Liberalism Theory, Capitalism Theory, Socialism Theory, Market Concession Theory, Keynesian Theory, Justice Theory, and Public Participation Theory.
Collections
- UT - Business [424]