Show simple item record

dc.contributor.advisorNovita, Yopi
dc.contributor.advisorKurniawati, Vita Rumanti
dc.contributor.authorZhulkarnain, Ghaotsa
dc.date.accessioned2024-08-22T03:41:58Z
dc.date.available2024-08-22T03:41:58Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158178
dc.description.abstractKapal jaring insang hanyut berukuran 5-10 GT di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan menggunakan tempat penyimpanan ikan berupa coolbox yang diletakkan di atas dek kapal, sehingga berpotensi mengurangi ruang mobilitas untuk ABK. Oleh karena itu, diperlukan upaya perancangan desain palka sehingga meminimalisir penggunaan coolbox. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan volume palka yang diperlukan melalui data hasil tangkapan yang diperoleh, membuat redesain palka yang terintegrasi dengan desain dan konstruksi kapal yang eksisting, dan menentukan nilai kualitas stabilitas statis pada masing-masing kondisi kapal. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara terhadap nelayan dan aparatur pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan maksimal kapal jaring insang hanyut yaitu sebesar 1.863 kg yang dapat dimuat dalam palka dengan volume minimal 6,52 m3. Hasil redesain palka yang dibuat merupakan palka portabel yang memiliki bentuk sesuai dengan badan kapal. Pada uji stabilitas kapal, kapal redesain memiliki stabilitas yang lebih baik ketika dalam kondisi hasil tangkapan kosong maupun penuh.
dc.description.abstractDrift gillnet boats sized 5-10 GT at the Nusantara Fishing Port (PPN) Tanjungpandan use of coolboxes placed on the deck as a fish storage, which can potentially reduce mobility space for the crew. Therefore, efforts are needed to design an integrated fish hold to minimize the use of coolboxes. The aim of this research is to determine the required volume of fish hold based on the catch data obtained, create a redesigned fish hold integrated with the existing design and construction of the vessel, and determine the quality values of static stability for each vessel condition. Data collection was carried out using purposive sampling. The data were obtained through direct observation, interviews with fishermen and port officials. The result indicates that the maximum catch of the drift gillnet vessel is 1.863 kg, which can be accommodated in vessel’s fish hold with a minimum volume of 6.52 m3. The redesigned fish hold created is a portable unit with a shape conforming to the vessel's hull. In the stability test, the redesigned boat has better stability both in an empty and full load conditions.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRancangan Desain Palka pada Kapal Jaring Insang Hanyut Berukuran 5-10 GT di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandanid
dc.title.alternativeFish Hold Design for 5-10 GT Drift Gillnetter at Tanjungpandan Fishing Port
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordStabilitasid
dc.subject.keywordStabilityid
dc.subject.keywordKapal jaring insang hanyutid
dc.subject.keywordPalkaid
dc.subject.keywordDrift gillnet fishing vesselid
dc.subject.keywordFish holdid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record