Rancangan Desain Palka pada Kapal Jaring Insang Hanyut Berukuran 5-10 GT di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan
Date
2024Author
Zhulkarnain, Ghaotsa
Novita, Yopi
Kurniawati, Vita Rumanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Kapal jaring insang hanyut berukuran 5-10 GT di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan menggunakan tempat penyimpanan ikan berupa coolbox yang diletakkan di atas dek kapal, sehingga berpotensi mengurangi ruang mobilitas untuk ABK. Oleh karena itu, diperlukan upaya perancangan desain palka sehingga meminimalisir penggunaan coolbox. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan volume palka yang diperlukan melalui data hasil tangkapan yang diperoleh, membuat redesain palka yang terintegrasi dengan desain dan konstruksi kapal yang eksisting, dan menentukan nilai kualitas stabilitas statis pada masing-masing kondisi kapal. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara terhadap nelayan dan aparatur pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan maksimal kapal jaring insang hanyut yaitu sebesar 1.863 kg yang dapat dimuat dalam palka dengan volume minimal 6,52 m3. Hasil redesain palka yang dibuat merupakan palka portabel yang memiliki bentuk sesuai dengan badan kapal. Pada uji stabilitas kapal, kapal redesain memiliki stabilitas yang lebih baik ketika dalam kondisi hasil tangkapan kosong maupun penuh. Drift gillnet boats sized 5-10 GT at the Nusantara Fishing Port (PPN) Tanjungpandan use of coolboxes placed on the deck as a fish storage, which can potentially reduce mobility space for the crew. Therefore, efforts are needed to design an integrated fish hold to minimize the use of coolboxes. The aim of this research is to determine the required volume of fish hold based on the catch data obtained, create a redesigned fish hold integrated with the existing design and construction of the vessel, and determine the quality values of static stability for each vessel condition. Data collection was carried out using purposive sampling. The data were obtained through direct observation, interviews with fishermen and port officials. The result indicates that the maximum catch of the drift gillnet vessel is 1.863 kg, which can be accommodated in vessel’s fish hold with a minimum volume of 6.52 m3. The redesigned fish hold created is a portable unit with a shape conforming to the vessel's hull. In the stability test, the redesigned boat has better stability both in an empty and full load conditions.
