dc.description.abstract | Industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan pasca
pandemi Covid-19 yang menyebabkan persaingan semakin ketat, terutama dengan
kehadiran Generasi Z sebagai konsumen utama. Brand XYZ sebagai salah satu
perusahaan kecantikan terbesar, memiliki tantangan dalam tingkat loyalitas
konsumen Generasi Z yang belum mencapai hasil yang diharapkan. Perusahaan
telah membangun brand community sebagai strategi untuk meningkatkan brand
loyalty Generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
brand community dengan tiga aspek utama yaitu consciousness of kind, moral
responsibility, dan ritual and tradition terhadap brand loyalty. Hasil data yang
didapat melalui kuesioner dengan total 170 responden dan dianalisis melalui
metode analisis deskriptif dan SEM-PLS menunjukkan bahwa consciousness of
kind dan moral responsibility memengaruhi brand loyalty secara signifikan,
sementara ritual and tradition tidak berpengaruh secara signifikan. Rekomendasi
yang dapat diberikan diantaranya Brand XYZ bisa melibatkan anggota dalam
penciptaan produk bersama (co-creation), program loyalitas dengan Membership
ID Card, dan mengapresiasi anggota teraktif. | |