Pengaruh Religiositas, Harga, Literasi dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah
Date
2024Author
Shafira, Nadya Belicia
Arsyianti, Laily Dwi
Muthohharoh, Marhamah
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri halal di Indonesia menunjukkan kenaikan posisi di peringkat ketiga dalam perkembangan ekonomi halal. Kenaikan tersebut menyebabkan industri makanan ikut mengalami pertumbuhan. Namun pada peningkatan penjualan tersebut, pelaku usaha masih menghadapi tantangan dalam pengembangan usahanya, berupa kelemahan manajemen, keterbatasan modal, keterbatasan dalam kemampuan inovasi, dan belum terpenuhinya standar serta legalitas usaha. Sedangkan tantangan eksternal meliputi ketidakpastian fluktuasi bahan baku, permintaan pasar yang naik turun, persaingan antar produk baru, dan ketidakpastian pasokan bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mahasiswa ekonomi syariah dalam keputusan pembelian makanan kemasan dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal, religiositas, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam membeli makanan kemasan pada mahasiswa ekonomi syariah.
Collections
- UT - Syariah Economic [556]
