Pendirian Unit Bisnis Keripik Pakcoy pada PT Pagi Berkah Berjamaah
Abstract
Pakcoy merupakan salah satu komoditas hortikultura yang dibudi dayakan
di Bogor. PT Pagi Berkah Bejamaah memiliki pemasalahan pada komoditas pakcoy
yaitu sisa hasil panen pakcoy yang belum di manfaatkan secara optimal. Penelitian
ini bertujuan untuk merumuskan dan menyusun kajian pengembangan bisnis yaitu
pendirian unit bisnis keripik pakcoy pada PT Pagi Berkah Berjamaah. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif, analisis SWOT, analisis
kelayakan investasi (NPV, IRR, Net B/C, Gross B/C, dan Payback Periode),
proyeksi laba rugi, dan analisis konjoin. Penelitian dilakukan pada bulan Januari
2024 hingga April 2024 berlokasi di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.
Berdasarkan perhitungan NPV>0 yaitu sebesar Rp42.811.974, pada perhitungan
IRR> tingkat suku bunga yaitu 56% lebih besar dari tingkat suku bunga yang
digunakan 6%. Nilai Net B/C yang diperoleh dari pendirian unit bisnis pakcoy yaitu
4,8. Gross B/C pada pendirian unit bisnis keripik pakcoy sebesar 1,19.Payback
period < umur bisnis yaitu 4 tahun 1 bulan. Berdasarkan hasil analisis konjoin pada
pendirian unit bisnis keripik pakcoy kombinasi level atribut yang menjadi
preferensi konsumen adalah keripik pakcoy dengan rasa original. Harga Rp13.000
dan memiliki massa 250 g. Pakcoy is one of the horticultural commodities cultivated in Bogor. PT Pagi
Berkah Bejamaah has a problem with pakcoy commodities, namely the remaining
pakcoy harvest that has not been optimally utilized. This research aims to formulate
and compile a business development study, namely the establishment of a pakcoy
chips business unit at PT Pagi Berkah Berjamaah. The methods used in this research
are qualitative analysis, SWOT analysis, investment feasibility analysis (NPV, IRR,
Net B/C, Gross B/C, and Payback Period), profit and loss projection, and conjoin
analysis. The research was conducted from January 2024 to April 2024 located in
North Bogor District, Bogor City. Based on the calculation of NPV>0 which
amounted to Rp42,811,974, in the calculation of IRR> interest rate which is 56%
greater than the interest rate used 6%. The Net B/C value obtained from the
establishment of the pakcoy business unit is 4,8. Gross B / C on the establishment
of the pakcoy chips business unit amounted to 1.19. Payback period < business life
is 4 years and 1 month. Based on the results of conjoin analysis on the establishment
of the pakcoy chips business unit, the combination of attribute levels that consumers
prefer is pakcoy chips with original flavors. The price is IDR13,000 and has a mass
of 250 g.
