Pengembangan Program Wisata Edukasi untuk Meningkatkan Minat Pengunjung pada PT Sinar Mayang Lestari
Abstract
Industri pariwisata saat ini semakin berkembang dengan berbagai jenis
wisata yang ditawarkan, salah satunya adalah wisata edukasi. Berdasarkan
pengamatan dan wawancara terhadap pihak perusahaan selama melakukan magang
industri, minat pengunjung terhadap eduwisata cenderung menurun. Oleh karena
itu, peneliti melihat adanya peluang yang perlu dikembangkan dari edukasi PT
Sinar Mayang Lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik
responden, menganalisis proses program wisata manakah yang menjadi preferensi
atau kesukaan responden, dan menganalisis aspek non finansial serta pendapatan
pengembangan program wisata edukasi. Metode yang digunakan adalah analisis
konjoin, analisis non finansial dan finansial. Hasil preferensi dengan menggunakan
analisis konjoin menunjukan bahwa program wisata yang paling disukai adalah
kompetisi sortir kopi dan spot foto. Hasil dari laba rugi meningkat setelah
dilakukannya pengembangan sebesar Rp233.801.120. Hasil R/C ratio dari 1,00
menjadi 1,45. The tourism industry is currently growing with various types of tourism on
offer, one of which is educational tourism. Based on observations and interviews
with the companies during industrial internships, visitor interest in edutourism tends
to decrease. Therefore, researchers see opportunities that need to be developed from
PT Sinar Mayang Lestari's education. This research aims to identify the
characteristics of respondents, analyze which tourism program processes are the
respondents preferences or preferences, and analyze non-financial aspects and
income from developing educational tourism programs. The method used is
conjoint analysis, non-financial and financial analysis. Preference results using
conjoint analysis show that the most preferred tourism programs are coffee sorting
competitions and photo spots. The profit and loss results increased after the
development was carried out by IDR233.801.120. The R/C ratio results from 1,00
to 1,45.
