Show simple item record

dc.contributor.advisorJuanda, Bambang
dc.contributor.advisorAhmad, Fahmi Salam
dc.contributor.authorNur'aeni, Aisyah
dc.date.accessioned2024-08-14T00:04:41Z
dc.date.available2024-08-14T00:04:41Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157308
dc.description.abstractStudi ini mengkaji faktor-faktor yang berperan dalam pemanfaatan e-commerce, dengan fokus khusus pada dimensi sosial-ekonomi. Data survei yang dikumpulkan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021 digunakan sebagai dasar analisis, dengan penerapan metode regresi logistik. Pendekatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak dari variabel-variabel seperti jenis kelamin, pendapatan, dan pendidikan, terhadap adopsi e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara penjualan online dan aktivitas pembelian. Mereka yang terlibat dalam penjualan online, termasuk UMKM, cenderung juga melakukan pembelian online untuk kebutuhan pribadi sebanyak 62,80 persen. Sebaliknya, kecenderungan untuk tidak melakukan pembelian secara online mencapai 92,40 persen dari responden yang tidak terlibat dalam penjualan online. Faktor-faktor seperti jenis kelamin, status pernikahan, usia, kegiatan utama, pendapatan, ukuran keluarga, penggunaan telepon genggam, akses internet dan keuangan, tempat tinggal, dan perilaku penjualan serta pembelian online memengaruhi keputusan untuk melakukan adopsi e-commerce. Implikasi dari temuan ini diuraikan untuk memandu para pelaku industri dan pembuat kebijakan untuk mengoptimalkan penetrasi dan adopsi e-commerce di masyarakat.
dc.description.abstractThis study examines the factors that play a role in e-commerce utilization, with a particular focus on socio-economic dimensions. Survey data collected from the 2021 National Socio-Economic Survey (Susenas) is used as the basis of analysis, with the application of the logistic regression method. This approach aims to identify the impact of variables such as gender, income, and education, on e-commerce adoption. The results show a relationship between online sales and purchasing activities. Those who engage in online sales, including MSMEs, tend to also make online purchases for personal needs as much as 62,80 percent. In contrast, the tendency not to make online purchases reached 92,40 percent of respondents who were not involved in online sales. Factors such as gender, marital status, age, main activity, income, family size, mobile phone usage, internet access and finance, place of residence, and online selling and purchasing behavior influence the decision to adopt e-commerce. The implications of these findings are outlined to guide industry players and policy makers to optimize e-commerce penetration and adoption in society.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAkselerasi Digitalisasi UMKM Indonesia Melalui Adopsi E-Commerce: Analisis Determinan Sosio-Ekonomiid
dc.title.alternativeAccelerating the Digitalization of Indonesian MSMEs Through E-Commerce Adoption: Analysis of Socio-Economic Determinants
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordUMKMid
dc.subject.keywordE-commerceid
dc.subject.keywordLogitid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record