dc.contributor.advisor | Dewi, Febriantina | |
dc.contributor.advisor | Suhendi | |
dc.contributor.author | Shofa, Inayah | |
dc.date.accessioned | 2024-08-10T07:20:07Z | |
dc.date.available | 2024-08-10T07:20:07Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157058 | |
dc.description.abstract | INAYAH SHOFA. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Kosmetik
Berlabel Halal pada Generasi Y dan Z di Kota Makassar. Dibimbing oleh
FEBRIANTINA DEWI dan SUHENDI.
Kota Makassar dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dengan mayoritas
Muslim serta didominasi Generasi Y dan Z, menunjukkan potensi besar bagi
industri kosmetik halal. Banyak penelitian telah mengkaji minat beli kosmetik halal
menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB), namun hasilnya tidak konsisten.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen terhadap
kosmetik berlabel halal, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli,
dan memberikan rekomendasi. Menggunakan TPB dan brand image, penelitian
melibatkan 137 perempuan Muslim dari Generasi Y dan Z di Makassar yang dipilih
dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis
dengan analisis deskriptif dan Structural Equation Model-Partial Least Square
(SEM-PLS). Hasil menunjukkan norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku
berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, sementara sikap dan brand
image kurang memengaruhi. Penelitian ini merekomendasikan produsen kosmetik
halal fokus pada strategi pemasaran yang memperkuat norma subjektif dan kontrol
perilaku. | |
dc.description.sponsorship | | |
dc.language.iso | id | |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Kosmetik Berlabel Halal pada Generasi Y dan Z di Kota Makassar | id |
dc.title.alternative | Factors Influencing Purchase Intention of Halal Labeled Cosmetics for Generation Z and Y in Makassar City | |
dc.type | Skripsi | |
dc.subject.keyword | brand image | id |
dc.subject.keyword | minat beli | id |
dc.subject.keyword | SEM-PLS | id |
dc.subject.keyword | Theory of Planned Behavior | id |
dc.subject.keyword | kosmetik halal | id |