Penerapan Strategi Bisnis Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Pada Agrowisata Sweetberry
Abstract
Agrowisata Sweetberry adalah perusahaan agribisnis yang bergerak pada
bidang budidaya tanaman stroberi sekaligus wisata edukasi petik stroberi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk rekomendasi strategi prioritas yang sesuai dengan
keadaan perrusahaan, menerapkan strategi prioritas promosi media sosial untuk
peningkatan jumlah wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
matriks IE, SWOT, QSPM, analisis Porter’s Five Forces, paired comparison, dan
Uji stastistik (Uji validitas, reabilitas, analisis linear regresi sederhana, dan Uji t).
Hasil penelitian ini adalah matriks IE menunjukkan hasil Agrowisata Sweetberry
berada pada posisi IV yaitu mendapatkan strategi build and growth. Rekomendasi
strategi yang dihasilkan dari perhitungan QSPM untuk Agrowisata Sweetberry
yaitu meningkatkan promosi pemasaran online melalui media sosial Instagram.
Dengan menerapkan promosi pemasaran online melalui media sosial Instagram dan
hasil uji statistik menunjukkan bahwa promosi media sosial Instagram berpengaruh
dan dapat mengembangkan perusahaan lebih baik, hal ini dibuktikan dengan
kenaikan jumlah wisatawan sebesar 72% pada bulan Oktober – Desember. Agrotourism Sweetberry is an agribusiness company engaged in the
cultivation of strawberry plants as well as strawberry picking educational tours. The
purpose of this research is to recommend priority strategies that are in accordance
with the company's circumstances, implementing priority strategies for social
media promotion to increase the number of tourists. The methods used in this
research are IE matrix, SWOT, QSPM, Porter's Five Forces analysis, paired
comparison, and statistical tests (validity, reliability, simple linear regression
analysis, and t test). The results of this study are the IE matrix shows the results of
Sweetberry Agrotourism in position IV, namely getting a build and growth strategy.
Strategic recommendations resulting from QSPM calculations for Sweetberry
Agrotourism are to increase online marketing promotions through Instagram social
media. By implementing online marketing promotions through Instagram social
media and statistical test results show that Instagram social media promotions have
an effect and can develop the company better, this is evidenced by the increase in
the number of tourists by 72% in October - December.
