Penerapan Kemitraan sebagai Strategi Perusahaan untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus: PT Cahaya Malika Farm)
Abstract
Permasalahan yang sering dihadapi oleh peternak dalam mengembangkan usaha mereka meliputi ketersediaan pakan yang langka, harga pakan yang fluktuatif, kurangnya pengetahuan, modal, teknologi, dan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan, merumuskan strategi yang tepat berdasarkan analisis
internal dan eksternal, mengidentifikasi pola kemitraan yang sesuai dengan keadaan perusahan, dan menganalisis faktor finansial dari strategi pola kemitraan terhadap kelayakan perusahaan. Penelitian ini berlokasi di Sukabumi, dimulai bulan Juli 2023 sampai Maret 2024. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif danidentifikasi analisis SWOT. Pendekatan metode kuantitatif melalui analisis Matriks IE, QSPM dan R/C rasio. Berdasarkan analisis SWOT, IE, dan QSPM didapat sebuah strategi yaitu penerapan kemitraan sebagai strategi meningkatkan penjualan perusahaan. Berdasarkan aspek finansial pengembangan bisnis ini memperoleh R/C rasio yang meningkat dari 1,0 menjadi 1,2. Laba bersih yang diterima PT Cahaya Malika Farm mengalami peningkatan dari Rp995.597.000,00 menjadi Rp98.823.400,00. Problems often faced by breeders in developing their businesses include scarce feed availability, fluctuating feed prices, lack of knowledge, capital, technology and appropriate marketing strategies. The aim of this research is to find out the company's internal and external factors, formulate an appropriate
strategy based on internal and external analysis, identify partnership patterns that suit the company's circumstances, and analyze the financial factors of the partnership pattern strategy on the company's viability. This research is located in Sukabumi, starting from July 2023 to March 2024. This research uses qualitative and quantitative analysis methods. Qualitative approach through descriptive analysis and SWOT analysis identification. Quantitative method approach through IE Matriks analysis, QSPM and R/C rasio. Based on the SWOT, IE, and QSPM analysis, a strategy was obtained, namely the implementation of partnerships as a strategy to increase company sales. Based on the financial aspect of business
development, the R/C rasio increased from 1,0 to 1,2. The net profit received by PT Cahaya Malika Farm increased from Rp995.597.000,00 to Rp98.823.400,00.
