Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Petani Lokal Bandung
Abstract
Sayuran hidroponik diminati karena lebih renyah, tahan lama, dan minim
pestisida sehingga masyarakat juga mulai hidup sehat dengan mengonsumsinya.
Petani Lokal mengirim produknya ke kota besar di Jawa Barat, namun banyak
produk yang kembali karena adanya pesaing dengan kualitas lebih baik. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis kerakteristik konsumen dan preferensi konsumen
sayuran hidroponik Petani Lokal Bandung. Penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif dan analisis konjoin dengan 100 responden dari konsumen sayuran
hidroponik khususnya komoditas selada di Bogor Junction. Sampel dipilih secara
convinience nonprobability sampling. Mayoritas konsumen adalah wanita usia 36-
45 tahun, berpendidikan diploma 4 atau sarjana, sudah menikah, berprofesi sebagai
Ibu Rumah Tangga, dengan pendapatan di atas Rp 4.000.000 per bulan. Preferensi
konsumen terhadap sayuran hidroponik komoditas selada meliputi warna hijau
muda, tekstur tidak bolong, harga variasi, kemasan plastik disegel, dan ukuran
variasi. Hydroponic vegetables are in demand because they are crunchier, longerlasting, and have less pesticides, so people are also starting to live healthier lives by
consuming them. Petani Lokal send their products to major cities in West Java, but
many products are returned due to competitors with better quality. This study aims
to analyze the consumer characteristics and consumer preferences of Petani Lokal
hydroponic vegetables. This research uses descriptive analysis and conjoin analysis
with 100 respondents from hydroponic vegetable consumers, especially lettuce
commodities at Bogor Junction. The sample was selected by convinience
nonprobability sampling. The majority of consumers are women aged 36-45 years,
have a diploma 4 or bachelor's degree, are married, work as housewives, with an
income above Rp 4,000,000 per month. Consumer preferences for lettuce
commodity hydroponic vegetables include light green color, texture without holes,
variation in price, sealed plastic packaging, and variation in size.
