Show simple item record

dc.contributor.advisorLubis, Djuara P.
dc.contributor.authorAnugerah, Andi
dc.date.accessioned2024-08-09T23:53:33Z
dc.date.available2024-08-09T23:53:33Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156968
dc.description.abstractPenggunaan pestisida dalam sistem pertanian memberikan dampak negatif bagi kesehatan konsumen maupun produsen. Oleh karena itu, Pemerintah menginisiasi pengembangan sistem pertanian organik yang saat ini diimplementasikan oleh Persada Farm Bogor. Namun sayangnya, konsumsi produk organik di kalangan masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah. Diperlukan kegiatan pemasaran sosial untuk mengubah perilaku masyarakat dalam mengonsumsi sayur organik. Hal yang paling mendasar dalam pemasaran sosial adalah prinsip dari bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran dengan minat beli sayur organik di Persada Farm Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey pada 50 responden yang berdomisili di Kelurahan Cibadak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran Persada Farm dinilai sudah baik utamanya pada produk, harga, dan tempat, sedangkan untuk promosi masih kurang baik. Mayoritas responden memiliki minat beli yang tinggi terhadap sayur organik. Ditemukan hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran dengan minat beli sayur organik. Produk, tempat, dan promosi memiliki hubungan yang searah sedangkan harga memiliki hubungan yang tidak searah. Selain itu, Minat beli memiliki hubungan yang signifikan dan searah dengan keputusan pembelian sayur organik.
dc.description.abstractThe use of pesticides in the agricultural system has a negative impact on the health of consumers and producers. Therefore, the Government initiated the development of an organic farming system which is currently implemented by Persada Farm Bogor. Unfortunately, the consumption of organic products among the Indonesian people is very low. Social marketing activities are needed to change people's behavior in consuming organic vegetables. The most basic thing in social marketing is the principle of the marketing mix consisting of 4Ps, namely product, price, place, and promotion. The purpose of this study is to analyze the relationship between the marketing mix and the interest in buying organic vegetables at Persada Farm Bogor. This study uses a quantitative approach with a survey method on 50 respondents domiciled in Cibadak Village. The results of the study showed that the Persada Farm Marketing Mix was considered good, especially in terms of product, price, and place, while promotion was still lacking. The majority of respondents had a high interest in buying organic vegetables. A significant relationship was found between the marketing mix and interest in buying organic vegetables. Product, place, and promotion have a unidirectional relationship while price has a disdirectional relationship. In addition, purchasing interest has a significant and unidirectional relationship with the decision to purchase organic vegetables.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan Bauran Pemasaran dengan Minat Beli Sayur Organik (Kasus: Persada Farm Bogor)id
dc.title.alternativeCorrelation Between Marketing Mix and Interest on Buying Organic Vegetables (Case: Persada Farm Bogor)
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordbauran pemasaranid
dc.subject.keywordminat beliid
dc.subject.keywordpemasaran sosialid
dc.subject.keywordsayur organikid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record