Analisis Faktor Penyebab Reject Kemasan Produk Best Seller di PT Dmamam Sehatin Indonesia
Abstract
Proses pengawasan mutu produk sangatlah penting terutama bagi industri
yang bergerak di bidang pangan olahan beku dan meliputi seluruh kegiatan mulai
dari bahan baku, proses produksi hingga produk akhir. PT Dmamam Sehatin
Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi bebagai macam produk makanan
beku terdapat 6 varian produk best seller. Produk best seller yang dihasilkan tentu
memerlukan kualitas kemasan terbaik agar kualitas produk tetap terjaga sampai ke
konsumen. Saat ini, masih terdapat kualitas produk terkait kemasan reject yang
tidak memenuhi persyaratan perusahaan untuk didistribusikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor umum yang mempengaruhi reject produk,
serta mengetahui usulan perbaikan pada produk best seller yang tepat untuk
diterapkan di PT Dmamam Sehatin Indonesia. Analisis data yang digunakan
meliputi bagan kendali u, diagram pareto, dan diagram ishikawa. Hasil penelitian
menunjukkan reject dominan ada pada vakum terbuka sebanyak 321 pack (56%)
dan hilang tanggal sebanyak 175 pack (30%) dua dari empat jenis reject kemasan
termasuk ke dalam golongan vital few yang memerlukan tindakan perbaikan.
Analisis diagram ishikawa mengidentifikasi faktor manusia, mesin, metode, dan
material sebagai penyebab reject kemasan produk. The product quality control process is important, especially for industries
operating in the frozen processed food sector and covers all activities from raw
materials, production processes to final products. PT Dmamam Sehatin Indonesia
is a company that produces various kinds of frozen food products, there are 6 best
seller product variants. Product best seller the product produced certainly requires
the best quality packaging so that the quality of the product is maintained until it
reaches consumers. Currently, there is still product quality related to rejected
packaging that does not meet the company's requirements for distribution. This
research aims to identify common influencing factors reject products, as well as
knowing proposed improvements to the product best seller which is appropriate to
be implemented at PT Dmamam Sehatin Indonesia. Data analysis used includes u
control charts, Pareto charts and diagrams ishikawa. The research results show
reject dominant is in the open vacuum of 321 pack (56%) and 175 missing dates
pack (30%) two of four types reject packaging is included in the group vital few
which requires corrective action. Analyze the diagram ishikawa identify human,
machine, method and material factors as causes reject product packaging.