dc.description.abstract | Salah satu upaya untuk menurunkan kasus anemia adalah memberikan edukasi gizi menggunakan media pada remaja putri untuk meningkatkan pengetahuan, memengaruhi sikap, dan mengubah perilaku, sehingga diperlukan media yang efektif agar tujuan tersebut tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Mia-card melalui focus grup discussion, menganalisis dampaknya terhadap pengetahuan dan sikap, serta tingkat penerimaannnya. Desain penelitian menggunakan mixed method berupa focus grup discussion dan quasy experimental study dengan pre-test post-test control group yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024 di SMPN 3 dan SMPN 33. Subjek penelitian intervensi sebanyak 48 siswi kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelompok penelitian. Kelompok kontrol diberikan leaflet, sedangkan kelompok intervensi dengan Mia-card. Hasil FGD didapatkan model media Mia-card yang sesuai dengan karakteristik subjek terlihat pada enam aspek. Hasil uji beda menunjukkan perbedaan yang signifikan pengetahuan dan sikap antara sebelum dengan setelah intervensi pada kedua kelompok penelitian, serta antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi saat sebelum dan sesudah intervensi (p<0,05). Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap setelah intervensi pada kelompok kontrol (p<0,05). Namun, tidak terdapat hubungan yang signifikan saat sebelum intervensi pada kedua kelompok penelitian dan setelah intervensi pada kelompok intervensi (p>0,05). Mayoritas subjek penelitian intervensi sangat menyukai Mia-card (54,2%). | |