Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Bahan Baku Berbasis VBA Microsoft Excel pada PT Kakada Pratama Mandiri
Abstract
PT Kakada Pratama Mandiri merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi barang jadi karet untuk kebutuhan industri konstruksi dan kegiatan pembangunan. Pencatatan transaksi pembelian dan pengelolaan persediaan bahan baku pada PT Kakada Pratama Mandiri masih menggunakan aplikasi Excel sederhana. Laporan proyek akhir bertujuan untuk menguraikan sistem akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku yang berjalan serta membuat rancangan pengembangan sistem menggunakan VBA Microsoft Excel. Metode analisis data yang digunakan adalah metode waterfall yaitu pendekatan sistematis sesuai dengan pengembangan sistem data berupa perangkat lunak. Proses analisa data dilakukan dengan menguraikan komponen sistem akuntansi pembelian yang berjalan pada perusahaan dan menganalisa kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Pemodelan sistem digambarkan melalui diagram konteks, DFD, ERD, dan use case diagram, dengan pengujian sistem melalui metode blackbox testing. Implementasisistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku ini akan membantu dalam menyelesaikan proses pengolahan informasi pembelian dan pengelolaan persediaan bahan baku dengan cepat dan akurat. PT Kakada Pratama Mandiri is a manufacturing company that produces finished rubber goods for the needs of the construction industry and development activities. Recording purchase transactions and managing raw material inventory at PT Kakada Pratama Mandiri still uses a simple Excel application. The final project report aims to describe the current accounting system for purchasing and raw material inventory as well as creating a system development plan using Microsoft Excel VBA. The data analysis method used is the waterfall method, namely a systematic approach in accordance with the development of a data system in the form of software. The data analysis process is carried out by describing the components of the purchasing accounting system running in the company and analyzing the needs of the system to be developed. System modeling is described through context diagrams, DFD, ERD, and use case diagrams, with system testing using the black box testing method. Implementation of this purchasing and raw material inventory accounting information system will help complete the process of processing purchasing information and raw material inventory management quickly and accurately.
Collections
- UT - Accounting [202]