dc.contributor.advisor | Yusri, Doni | |
dc.contributor.author | Hakim, Moh. Luqman | |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T03:09:04Z | |
dc.date.available | 2024-08-08T03:09:04Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156591 | |
dc.description.abstract | PT XYZ merupakan perusahaan karoseri yang bergerak pada pembuatan bus. Pembuatan kerangka bus merupakan kegiatan produksi utama pada PT XYZ yang mempengaruhi bentuk, desain, dan kekuatan struktur rangka. Proses pembuatan kerangka pada Departemen Body Rangka memiliki permasalahan mengenai jumlah dan jenis defect yang tinggi dari hasil proses assembly. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi permasalahan serta memberikan solusi dengan menggunakan metode Six Sigma dan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). Six Sigma menjadi salah satu metode yang mampu meningkatkan kualitas pada suatu produk dengan pendekatan DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improvement, dan Control. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan hasil rata-rata DPMO sebesar 1.648,27 dengan tingkat sigma 4,4. Usulan perbaikan dalam evaluasi permasalahan menggunakan metode 5W 1H yang diharapkan dapat menurunkan nilai jumlah defect pada permasalahan di Departemen Body Rangka yaitu dengan pembuatan Digital Control System (DCS), membuat check sheet, dan pelatihan kerja karyawan. | |
dc.description.abstract | PT XYZ is a car body company engaged in manufacturing buses. Bus frame
manufacturing is the main production activity at PT XYZ that affects the shape,
design, and strength of the frame structure. The process of making frames in the
Frame Body Department has problems regarding the high number and type of
defects from the results of the assembly process. The purpose of this research is to
evaluate the problem and provide solutions using Six Sigma and Failure Mode and
Effects Analysis (FMEA) methods. Six Sigma is one of the methods that can
improve the quality of a product with the DMAIC approach, namely Define,
Measure, Analyze, Improvement, and Control. Based on the evaluation results, the
average DPMO result is 1,648.27 with a sigma level of 4.4. Proposed improvements
in evaluating problems using the 5W + 1H method are expected to reduce the value
of the number of defects in problems in the Frame Body Department, namely by
making a Digital Control System (DCS), making check sheets, and employee
training. | |
dc.description.sponsorship | | |
dc.language.iso | id | |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Evaluasi Pengendalian Kualitas pada Station Panelling dengan Metode Six Sigma di PT XYZ | id |
dc.title.alternative | Evaluation of Quality Control at the Panelling Station with the Six Sigma Method at PT XYZ | |
dc.type | Tugas Akhir | |
dc.subject.keyword | Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) | id |
dc.subject.keyword | Quality | id |
dc.subject.keyword | Six Sigma | id |