Show simple item record

dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorLodra, Inde
dc.date.accessioned2024-08-06T06:23:05Z
dc.date.available2024-08-06T06:23:05Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155817
dc.description.abstractTikTok merupakan media sosial yang sangat populer di Indonesia. Jumlah pengguna aktif mencapai 113 juta orang pada tahun 2023 dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia. Pengguna TikTok didominasi oleh generasi milenial dan Z. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan TikTok pada remaja. Desain penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 128 sampel yang dipilih secara cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara jenis kelamin, usia, dan jenjang kelas remaja dengan harga diri. Hasil uji regresi menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari penggunaan TikTok dan harga diri terhadap kesejahteraan subjektif remaja. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan remaja dapat lebih memahami dan bijak dalam menggunakan TikTok karena meskipun dapat memengaruhi kesejahteraan subjektif tetapi dapat memberikan dampak lain seperti melupakan tanggung jawab belajar.
dc.description.abstractTikTok is a very popular social media platform in Indonesia. The number of active users has reached 113 million in 2023, making Indonesia the second country with the most TikTok users in the world. TikTok users are dominated by millennials and Generation Z. This study focuses on the influence of TikTok usage on teenagers. The research design used is explanatory with a quantitative approach. There were 128 samples selected using cluster random sampling. Data analysis used Pearson correlation test and multiple linear regression using SPSS 23 software. The research results show a significant positive correlation between gender, age, and class level of teenagers with self-esteem. The regression test results show a significant positive effect of TikTok usage and self-esteem on the subjective well-being of teenagers. Based on the research results, it is hoped that teenagers can better understand and wisely use TikTok, as although it can influence their subjective well-being, it can also have other impacts such as neglecting learning responsibilities.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok dan Harga Diri terhadap Kesejahteraan Subjektif Remajaid
dc.title.alternativeThe Influence of Using TikTok Social Media and Self-Esteem on Adolesence’s Subjective Well-Being
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordharga diriid
dc.subject.keywordKesejahteraan Subjektifid
dc.subject.keywordRemajaid
dc.subject.keywordpenggunaan TikTokid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record