Intensifikasi Strategi Pemasaran Briket Produksi PT Bukit Asam Tbk, Sumatera Selatan
Abstract
Pabrik Briket Tanjung Enim PT Bukit Asam Tbk, terjadi ketidaklancaran
aliran keluar briket batubara. Dibutuhkan identifikasi pasar potensial briket dan
analisis permintaan di pasar Indonesia secara lebih luas terutama di provinsiprovinsi Jawa dan Sumatera untuk mengetahui preferensi konsumen berdasarkan
keunggulan briket. Perlunya dilakukan riset pasar potensial dengan menyebarkan
kuesioner kepada pengguna potensial briket (peternakan ayam, rumah makan,
industri makanan) yang berpotensi menggunakan briket, pengecer, agen dan
distributor briket. Perluasan distribusi briket melalui kerjasama dengan agen dan
distributor. Penggunaan jasa pihak ketiga untuk pengiriman dengan biaya
ditanggung pembeli. Pemanfaatan media digital dan demonstrasi penggunaan
briket. Penawaran harga diskon untuk pembelian dalam jumlah besar. Preferensi
responden memilih sumber energi yang mudah didapatkan dan memiliki panas yang
bertahan lama dengan harga murah. Penetapan harga jual yang kompetitif yaitu
Rp5.000-Rp10.000 sesuai preferensi pasar. At the Tanjung Enim Briquette Factory PT Bukit Asam Tbk, there was an irregular
flow of coal briquettes outflow. It requires identification of the potential market for
briquettes and analysis of demand in the Indonesian market, especially in the
provinces of Java and Sumatra to determine consumer preferences based on the
advantages of briquettes. It is necessary to carry out potential market research by
distributing questionnaires to potential briquette users (Chicken Farms,
Restaurants, Souvenir Industries) who have the potential to use briquettes,
Retailers, Agents and Distributors of briquettes. Expansion of briquette distribution
through cooperation with agents and distributors. Use of third-party services for
delivery at the buyer's expense. The use of digital media and demonstrations of the
use of briquettes. Discounted price offers for bulk purchases. Respondents'
preference is to choose energy sources that are easy to obtain and have long-lasting
heat at low prices. Competitive selling price is set at IDR 5,000-IDR 10,000
according to market preferences.