Show simple item record

dc.contributor.advisorPurwanto, Bagus Priyo
dc.contributor.advisorLestari, Fitriani Eka Puji
dc.contributor.authorARJUNILIA, MIVTA
dc.date.accessioned2024-08-02T03:05:23Z
dc.date.available2024-08-02T03:05:23Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155432
dc.description.abstractIndo Natural Farm merupakan agrowisata yang berfokus pada bidang peternakan kambing perah dan mengolah susu kambing menjadi susu pasteurisasi. Secara ekonomis dengan adanya pengolahan dapat meningkatkan nilai jual dan tambah. Harga jual produk susu pasteurisasi yaitu 10,000/botol 100ml dengan target sasaran pasar yaitu konsumen berkeluarga serta pengunjung agrowisata yang datang untuk menikmati fasilitas yang disediakan. kegiatan proyek akhir ini dilakukan pada bulan Agustus 2023 hingga Januari 2024 dengan partisipasi langsung pada kegiatan produksi susu pasteurisasi, melalui kegiatan partisipasi ini didapatkan data primer yang meliputi kualitas produk dan biaya produksi. Kualitas susu pasteurisasi yang dihasilkan baik karena berasal dari peternakan yang bersih dan ternak kambing yang sehat. Proses pasteurisasi dilakukan dengan benar serta menggunakan susu kambing segar. Berdasarkan pengolahan data pada aspek finansial selama periode 5 bulan Indo Natural Farm mendapatkan keuntungan sebesar Rp.22,931,172 dengan tingkat pendapatan yaitu 40.9% dari biaya total yang dikeluarkan
dc.description.abstractIndo Natural Farm is an agritourism venture focused on dairy goat farming and processing goat milk into pasteurized milk. Economically, this processing increases the product's value and marketability. The selling price of pasteurized milk is Rp10,000 /100 ml bottle, targeting families and agritourism visitors who come to enjoy the available facilities. This final project was conducted from August 2023 to January 2024, with direct participation in the production of pasteurized milk. Through this participation, primary data on product quality and production costs were obtained. The quality of the pasteurized milk produced is high, due to the clean farming environment and healthy goats. The pasteurization process is performed correctly using fresh goat milk. Based on financial data processing over a period of five months, Indo Natural Farm achieved a profit of Rp22,931,172 with a revenue rate of 40.9% of the total costs incurred.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKarakteristik Produk dan Analisis Usaha Pasteurisasi Susu Kambing di Indo Natural Farm Sukabumi Jawa Baratid
dc.title.alternativeProduct Characteristic and Business Analysis of Goat Milk Pasteurization at Indo Natural Farm Sukabumi West Java
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordBusiness Analysisid
dc.subject.keywordfinansial aspectsid
dc.subject.keywordpasteurized goat milkid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record