View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Vocational School
      • UT - Ecotourism
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Vocational School
      • UT - Ecotourism
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Nilai Kemanfaatan Permainan Intelegensi "PELUK' terhadap Anak Disabilitas Tunagrahita di Kota Semarang

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Cover (596.5Kb)
      Fulltext (1.279Mb)
      Lampiran (435.2Kb)
      Date
      2024
      Author
      ZAKIYYAH, RINDRA NISA
      Prabandari, Dyah
      Bonanza, Occy
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak (Sholeh, 2015). Tunagrahita masuk ke dalam disabilitas intelektual dengan tingkat intelegensinya atau intelligence Quotient (IQ) berada di bawah rata rata. Pada penelitian ini terdapat 59 responden anak tunagrahita dari 4 SLB di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku keseharian anak tunagrahita, mengidentifikasi perilaku keseharian ibu pada masa kehamilan, membuat permainan yang dapat menjadi sarana rekreasi bagi anak tunagrahita, menilai kemanfataan permainan agar menjadi sarana rekreasi bagi anak tunagrahita. Pada penelitian ini menggunakan observasi.wawancara (open ended), dan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengambilan data, sedangkan dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji wilcoxon signed rank test. Anak tunagrhita dengan keterbatasannya memerlukan bantuan untuk melakukan keseharainnya. Pada saat mengandung tidak terdapat keluhan yang dirasakan para Ibu sehingga para Ibu menjalakan kehidupannya seperti wanita hamil pada umumnya, namun sekitar 4 bulan setelah kelahiran, anak anak disabilitas tunagrahita baru terdiagnosis mengalami hambatan dalam perekembangan intelektual. Keterbatasan ini membuat anak-anak tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang dapat menarik perhatiannya melalui permainan papan intelgensi “PELUK” (Tempel Huruf dan Angka)
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155418
      Collections
      • UT - Ecotourism [114]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail