Nilai Kemanfaatan Permainan Kalkulasi Lompat "KALOMPA" terhadap Anak Usia Dini di Kota Sukabumi
Abstract
Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0-6 tahun, pada usia ini anak
berada pada fase perkembangan awal yang sangat penting dalam kehidupan
seseorang. Hakikatnya anak usia dini sangat menyukai bermain dan bersenangsenang, masa ini disebut sebagai masa tumbuh kembang terbaik atau golden age,
sehingga perkembangannya perlu dioptimalkan secara maksimal. Perkembangan
anak usia dini dapat distimulasi melalui permainan edukatif. Tujuan dari proyek
akhir ini yaitu untuk mengetahui nilai kemanfaatan permainan Kalkulasi Lompat
"KALOMPA" terhadap anak usia dini di Kota Sukabumi. Permainan ini dirancang
untuk mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan kreativitas anak usia dini
melalui aktivitas yang menyenangkan dan edukatif. Penelitian dilakukan pada
empat PAUD di Kota Sukabumi, yaitu PAUD Aster Putih, PAUD Al-Baaqi, PAUD
Pelangi, dan PAUD Nurfauziah, dengan total 51 responden anak usia 3-5 tahun.
Data dikumpulkan melalui wawancara open-ended dengan orang tua atau wali
murid dan pengajar, serta observasi langsung pada anak-anak. Analisis data
menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa permainan KALOMPA memberikan dampak
positif terhadap ketertarikan, kefokusan, motorik kasar, dan kreativitas anak, yang
ditunjukkan oleh perubahan signifikan dalam perasaan anak kearah positif setelah
dilakukanya permaian Kalkulasi Lompat "KALOMPA". Permainan ini berhasil
menjadi sarana rekreasi edukatif yang bermanfaat bagi perkembangan anak usia
dini. Early childhood refers to children aged 0-6 years, a crucial phase in life
where initial development occurs. Children in this age group naturally enjoy
playing and having fun. This period is known as the golden age, a time for optimal
growth and development. Early childhood development can be stimulated through
educational games. The aim of this final project is to determine the benefits of the
"KALOMPA" jump calculation game for early childhood in Sukabumi City. The
game is designed to support motor, cognitive, and creativity development through
enjoyable and educational activities. The research was conducted at four early
childhood education centers (PAUD) in Sukabumi City: PAUD Aster Putih, PAUD
Al-Baaqi, PAUD Pelangi, and PAUD Nurfauziah, involving a total of 51
respondents aged 3-5 years. Data were collected through open-ended interviews
with parents or guardians and teachers, as well as direct observations of the
children. Data analysis was performed using frequency distribution tables and the
Wilcoxon signed rank test. The results showed that the "KALOMPA" game
positively impacted children's interest, focus, gross motor skills, and creativity,
indicated by significant positive changes in children's emotions after playing the
game. This game successfully serves as an educational recreational tool beneficial
for early childhood development.
Collections
- UT - Ecotourism [114]