Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image dan Brand Trust pada Larutan Penyegar Cap Badak
Date
2024Author
Krisnandiva, Radya Ayu
Nurhayati, Popong
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Larutan Penyegar Cap Badak merupakan minuman kesehatan yang diformulasikan untuk meredakan panas dalam. Pada tahun 2023, Larutan Penyegar Cap Badak berhasil naik ke peringkat pertama pada sales ranking kategori remedies drink di Alfamart dan Alfamidi. Untuk mempertahankan sales ranking dan meningkatkan sales dibutuhkan strategi marketing yag baik. Keputusan pembelian dapat tercipta jika brand memiliki image dan trust yang baik di benak konsumen. Social media merupakan salah satu saluran yang dapat memengaruhi brand image dan brand trust dari suatu brand. Pengelolaan social media marketing yang baik dapat meningkatkan brand image dan brand trust yang akan merujuk ke keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand image dan brand trust pada Larutan Penyegar Cap Badak.
Penelitian ini dilakukan pada Desember 2023 hingga Januari 2024 secara online di Indonesia. Penelitian bersifat deskriptif dengan cross-sectional design yang dilakukan hanya sekali pada waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan Google form kepada para pengguna Instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Karakteristik responden penelitian ini yaitu para pengguna Instagram berusia lebih dari 17 tahun yang pernah membeli produk Larutan Penyegar Cap Badak. Penelitian ini menggunakan analisis SEM-PLS yang melibatkan 205 responden.
Dimensi customization mempunyai nilai paling besar dalam membentuk social media marketing dengan indikator terbesar yaitu akun Instagram @capbadak_id membuat konten kesehatan sesuai dengan jenis produk yand dijual. Selanjutnya dimensi trendiness mempunyai nilai paling besar kedua dalam membentuk social media marketing dengan indikator terbesar adalah akun Instagram @capbadak_id merepresentasikan generasi muda. Manajemen Larutan Cap Badak dapat mempertimbangkan untuk mengadakan acara olahraga ataupun talkshow yang berkaitan dengan kesehatan. Serta, mengadakan kuis atau giveaway terkait public figure dengan hadiah menarik seperti tiket konser atau merchandise.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, brand trust, dan keputusan pembelian. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi brand trust. Sementara itu, brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi brand image. Larutan Penyegar Cap Badak is a remedies drink formulated to relieve sore throat. In 2023, Larutan Penyegar Cap Badak managed to get to the first place in sales ranking for remedies drink category at Alfamart and Alfamidi. To maintain sales rankings and increase sales, a good marketing strategy is needed. Purchase decision can be made if consumers have good impression of the image and the trust of a brand. Social media is one of the channels that can influence the brand image and brand trust of a brand. Well managed social media marketing will create a good image and trust from consumers which will lead to purchase decision. This research aims to analyze the influence of social media marketing on purchase decision through brand image and brand trust on Larutan Penyegar Cap Badak.
The data of this study was collected from December 2023 to January 2024 by online in Indonesia. This is a descriptive study with a cross-sectional design which was carried out only once at a certain time. This study used a questionnaire method that was distributed online using Google forms to Instagram users. The sampling technique used was non-probability sampling with a purposive sampling method. The characteristics of the respondents of this study are Instagram users aged over 17 years who have purchased Larutan Penyegar Cap Badak. This study uses SEM-PLS analysis with a total of 205 respondents.
The customization dimension has the biggest value in forming social media marketing with the biggest indicator is @capbadak_id Instagram account creates content about health similar to the type of product that being sold. Furthermore, the trendiness dimension has the second biggest value in forming social media marketing with the biggest indicator is @capbadak_id Instagram account represents the younger generation. The management of Larutan Cap Badak could consider holding sports events or talk shows related to health topic. As well as holding quizzes or giveaways related to public figures with attractive prizes such as concert tickets or merchandise.
The results show that social media marketing has a positive and significant effect on brand image, brand trust and purchase decision. Brand image has a positive and significant effect on brand trust. Brand trust has a positive and significant effect on purchase decision. Also, social media marketing has a positive and significant effect on purchase decision through the mediating variable of brand trust. Meanwhile, brand image does not have a significant effect on purchase decision. And social media marketing does not have a significant effect on purchase decision through the mediating variable brand image.
Collections
- UT - Business [425]