Strategi Pemasaran Toko Mas Murni dalam Meningkatkan Penjualan
Date
2024Author
Mahardika, Rahadian Dwi
Taryana, Asep
Sari, Anggi Mayang
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi pasca pandemi Covid-19 yang mulai pulih telah meningkatkan permintaan perhiasan sebesar 35%, namun Toko Mas Murni mengalami stagnasi dan penurunan omset dalam 4 tahun terakhir. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menganalisis strategi pemasaran Toko Mas Murni dan persaingan eksternal melalui bauran pemasaran 7P, Porter five forces, serta diagram dan matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran Toko Mas Murni masih tradisional dan kurang adaptif, sementara kompetitor baru sudah lebih adaptif dan menggunakan pemasaran digital. Terdapat kekuatan daya tawar konsumen, rendahnya pengaruh supplier, dan dampak produk imitasi pada penjualan. Dari analisis ini, diusulkan tujuh strategi agresif, yakni meningkatkan pelayanan digital, mengamati tren perhiasan terkini, menciptakan konten pemasaran yang menonjolkan kekuatan Toko Mas Murni, menambah variasi produk baru, meningkatkan promosi, meningkatkan kapabilitas SDM dalam teknologi, dan memperluas jangkauan pemasaran melalui website, media sosial, serta e-commerce. The post-Covid-19 pandemic recovery has increased jewelry demand by 35%, but Toko Mas Murni has experienced stagnation and decreased turnover in the last 4 years. To overcome this problem, this study analyzes Toko Mas Murni
Collections
- UT - Business [425]