Analisis Hubungan Brand Awareness dan Branding Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Pada CV Subang Aqiqah
Abstract
Penjualan menurun serta persaingan usaha yang ketat mendorong CV Subang Aqiqah untuk terus meningkatkan performa mereknya dalam menjaga eksistensinya di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara brand awareness dan branding terhadap minat beli CV Subang Aqiqah, merancang dan mengimplikasikan strategi brand awareness dan branding, serta menganalisis perbandingan kelayakan melalui R/C Ratio. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, regresi linear berganda, dan R/C ratio. Penelitian ini menunjukkan
bahwa brand awareness dan branding memiliki hubungan parsial dan simultan terhadap minat beli CV Subang Aqiqah. Strategi yang dapat diterapkan untuk membangun kesadaran merek yaitu dengan customer engagement dan brand exposure. Strategi yang dapat diterapkan untuk melakukan branding CV Subang Aqiqah adalah membuat template, menonjolkan tagline, serta membuat konten di Instagram. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai R/C Ratio sebelum dan setelah penelitian. Sehingga, perusahaan dapat melakukan evaluasi berkala dan melakukan strategi seperti iklan berbayar, giveaway, dan mengembangkan ide-ide kreatif secara konsisten. Declining sales and intense business competition encourage CV Subang Aqiqah to improve its brand performance for maintaining its existence in the market. This study aims to analyze the relationship between brand awareness and branding on CV Subang Aqiqah