Show simple item record

dc.contributor.advisorMansjoer, Andri Latif Asikin
dc.contributor.authorSanjani, Nahda
dc.date.accessioned2024-07-26T03:21:28Z
dc.date.available2024-07-26T03:21:28Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154852
dc.description.abstractSalah satu penggiat budidaya anggur di Indonesia yaitu Kebun Anggur Apih Bandung. Namun kebun ini memiliki keterbatasan lahan dan tenaga kerja sehingga beberapa varietas tidak tersedia sesuai dengan permintaan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian bibit pohon anggur di Kebun Anggur Apih, mengidentifikasi ciri-ciri buah anggur yang sesuai dengan preferensi konsumen, menganalisis jenis varietas bibit pohon anggur yang sesuai dengan preferensi konsumen sehingga Kebun Anggur Apih dapat mengoptimalkan lahan yang terbatas dan merencanakan produksi bibit anggur sesuai dengan permintaan konsumen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden dengan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut warna adalah atribut yang dianggap oleh responden paling penting. Kemudian untuk preferensi konsumen terhadap buah anggur memiliki ciri-ciri buah yang manis, bulat, juicy, segar, merah keunguan, besar dan tidak memiliki biji dan mengarah pada varietas anggur Jupiter.
dc.description.abstractBandung's Apih Vineyard is one of Indonesia's grape cultivators. However, because this vineyard has limited space and staff, some grape varieties are unavailable in response to consumer demand. As a result, the purpose of this study is to investigate the attributes most important to consumers when deciding whether to purchase grape seedlings from Apih Vineyard, to identify grape characteristics that match consumer preferences, and to analyze the types of grapes seedling varieties that match consumer preferences so that Apih Vineyard can optimize limited land and plan grape seedling production based on consumer demand. This study used 100 respondents as samples, and the analysis methods used were descriptive analysis and conjoin analysis. The results showed that the color attribute is the most important attribute considered by respondents. Then, consumer preferences for grapes with features like sweet, round, juicy, fresh, purplish red, large, and seedless fruit led to the Jupiter grape varieties.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePreferensi Konsumen Buah Anggur terhadap Pembelian Bibit Pohon Anggur di Kebun Anggur Apih Bandungid
dc.title.alternativeGrape consumers' preferences towards purchasing vine seedlings in Kebun Anggur Apih Bandung
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordConjoint Analysisid
dc.subject.keywordConsumer Preferencesid
dc.subject.keywordGrapeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record