Show simple item record

dc.contributor.authorJoni, Weny
dc.date.accessioned2010-05-07T09:42:33Z
dc.date.available2010-05-07T09:42:33Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/15481
dc.description.abstractSejak awal pendiriannya pada tahun 2002, Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor terus mengalami peningkatan nasabah dari tahun ke tahun. Ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat dewasa ini, BMI Cabang Bogor diharuskan menerapkan sistem pelayanan yang bermutu tinggi pada seluruh lini produk dan jasa perbankan. Tanpa pelayanan bermutu tinggi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah maka BMI Cabang Bogor akan ditinggalkan oleh nasabahnya dan akan berdampak pada penurunan kinerja bank. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi atribut mutu pelayanan yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan nasabah BMI Cabang Bogor; (2) Menganalisis kinerja BMI Cabang Bogor terhadap atribut mutu pelayanan yang menentukan kepuasan nasabah; (3) Menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap mutu pelayanan BMI Cabang Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan hasil penyebaran kuesioner kepada nasabah BMI Cabang Bogor. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet, literatur dan dokumen perusahaan. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil IPA menunjukkan bahwa atribut yang dianggap nasabah memiliki tingkat kepentingan tertinggi adalah atribut penerapan prinsip syariah dan atribut yang memiliki tingkat kepentingan terendah adalah atribut multiguna produk tabungan dan atribut yang memiliki tingkat kinerja paling tinggi adalah atribut karyawan menyambut nasabah dengan senyum, menyapa dan memberi salam dan atribut yang memiliki tingkat kinerja terendah adalah atribut multiguna produk tabungan. Kuadran A meliputi atribut kemudahan bertransaksi, area parkir yang memadai dan karyawan melayani dengan cepat; Kuadran B meliputi lokasi bank strategik dan mudah dijangkau, fasilitas yang diperoleh dari tabungan, karyawan cepat tanggap terhadap keluhan, penerapan prinsip syariah, jaringan bank yang luas dan karyawan dapat menanamkan kepercayaan kepada nasabah; Kuadran C meliputi penyampaian informasi mengenai produk, desain interior dan eksterior bank yang menarik, promosi yang dilakukan BMI Cabang Bogor, multiguna produk tabungan, seperti pembayaran gaji, telepon, zakat dan lain-lain; Kuadran D meliputi atribut karyawan menyambut nasabah dengan senyum, menyapa dan memberi salam dan atribut ketersediaan air minum, mushalla dan toilet. Hasil analisis CSI menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah secara keseluruhan terhadap atribut mutu pelayanan BMI Cabang Bogor sudah tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai CSI 76,07%, dimana tingkat kepuasan terletak diantara 0,71-0,81, berarti nasabah telah merasa puas terhadap kinerja atribut mutu pelayanan BMI Cabang Bogor.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis kepuasan nasabah terhadap mutu pelayanan Bank Muamalat Indonesia cabang Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record