Change Management Aktivitas Corporate marketing PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.
Date
2024Author
Rahma, Miftha Olivia
Ratnawati, Anny
Shalihati, Fithriyyah
Metadata
Show full item recordAbstract
MIFTHA OLIVIA RAHMA. Change Management Aktivitas Corporate marketing
PT Wijaya Karya (Persero)Tbk. Dibimbing oleh ANNY RATNAWATI dan
FITHRIYYAH SHALIHATI.
Industri konstruksi berkontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, namun
pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan sektor ini, sehingga diperlukan
adaptasi. PT Wijaya Karya (WIKA) menghadapi tantangan dalam aktivitas
pemasaran, terutama desentralisasi pemasaran dan kurang fokus pada pelanggan
kunci. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan
wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan
implementasi Kotter’s 8 Step Change Model dan ADKAR Model dalam
restrukturisasi organisasi pemasaran di WIKA terbukti meningkatkan kinerja
pemasaran secara signifikan dengan memastikan perubahan diterima di seluruh
tingkat organisasi. Selain itu, adopsi model Key Account Management
direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dan membangun
hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan kunci. Integrasi strategi manajemen
perubahan dan Key Account Management meningkatkan kinerja pemasaran,
hubungan dengan pelanggan kunci dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan
perusahaan.
Collections
- UT - Business [425]