Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Y dan Z terhadap KPR Rent to Own Bank BTN
Date
2024Author
Zahran, Muhammad Balya Rafa
Indrawan, Raden Dikky
Kamilah, Khairiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan penduduk yang meningkat, diproyeksikan hingga tahun 2050, meningkatkan kebutuhan akan rumah dan beban finansial bagi penduduk usia produktif, khususnya generasi Y dan Z yang ditunjukkan oleh meningkatkan rasio ketergantungan, sehingga sulit bagi kalangan usia produktif untuk memiliki hunian layak. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi Y dan Z di Jabodetabek dalam memilih skema KPR Rent to Own (RTO) yaitu berasal dari bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion), menggunakan data sekunder dari Bank BTN. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi logistik biner menggunakan SPSS 25 untuk mengetahui faktor-faktor signifikan terhadap minat KPR RTO.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar generasi Y dan Z memiliki minat membeli rumah, namun kelompok yang berminat menyewa rumah menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap KPR RTO dibandingkan dengan kelompok yang berminat membeli rumah. Pada model regresi gabungan wilayah Jabodetabek, terdapat tiga variabel signifikan pada kategori produk yaitu harga rumah yang sesuai dengan kesepakatan awal, fasilitas perbaikan rumah, dan fleksibilitas dalam menentukan periode sewa dan beli rumah. Sedangkan pada kategori harga terdapat dua variabel signifikan yaitu kesediaan membayar sewa rumah lebih tinggi daripada sewa konvensional dan pengembalian uang muka sebesar 5 persen. Model regresi di masing-masing wilayah mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, menunjukkan bahwa terdapat tiga wilayah yang memiliki masing-masing satu variabel signifikan: wilayah Jakarta dengan kesediaan membayar sewa lebih tinggi daripada sewa konvensional, serta wilayah Bogor dan Depok dengan kesediaan pada pengembalian uang muka sebesar 5 persen. Selain itu, mengomunikasikan nilai tambah KPR RTO dapat menarik lebih banyak nasabah. The increasing population growth, projected until 2050, raises the demand for housing and financial burdens on the working-age population, particularly Generation Y and Z, as indicated by the increasing dependency ratio. This makes it challenging for the working-age group to afford decent housing. This study analyzes the factors influencing the interest of Generation Y and Z in Jabodetabek in choosing Rent to Own (RTO) mortgage schemes, derived from the 4P marketing mix (Product, Price, Place, Promotion), using secondary data from Bank BTN. Data analysis was conducted through descriptive analysis and binary logistic regression using SPSS 25 to identify significant factors affecting interest in RTO mortgages.
The results show that most Generation Y and Z individuals are interested in buying houses; however, those who prefer renting show higher interest in RTO mortgages compared to those who prefer buying. In the combined regression model for Jabodetabek, three significant variables were identified in the product category: initial house price agreement, home improvement facilities, and flexibility in determining rental and purchase periods. In the price category, two significant variables were identified: willingness to pay higher rent than conventional rent and a 5 percent down payment refund. The regression model for each region, including Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi, indicates that three regions have one significant variable each: Jakarta with willingness to pay higher rent than conventional rent, and Bogor and Depok with a 5 percent down payment refund. Additionally, communicating the added value of RTO mortgages can attract more customers.
Collections
- UT - Business [425]