Perumusan Strategi PT Herbani Medika Nusantara
Date
2024Author
Fadhlurahman, Nafi
Ma'arif, Mohamad Syamsul
Palupiningrum, Agustina Widi
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam satu tahun terakhir, PT Herbani Medika Nusantara mengalami penurunan penjualan produk meskipun pasar sabun diprediksi terus bertumbuh. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi bisnis untuk PT Herbani, menggunakan analisis matriks IFE- EFE, matriks IE, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan kekuatan utama perusahaan adalah kemampuan karyawan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas produk, sementara kelemahan utamanya adalah belum adanya penilaian dan pengelolaan risiko operasional. Peluang utama yang dimiliki PT HMN adalah kesempatan untuk eksplorasi dan riset pengembangan variasi produk, serta preferensi konsumen yang terbuka terhadap berbagai merek dan produk pembersih. Ancaman utama yang dihadapi adalah strategi promosi agresif dan berbiaya tinggi dari kompetitor. Matriks IE menyarankan perusahaan untuk melakukan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Analisis SWOT menghasilkan enam strategi alternatif, dengan prioritas pada optimalisasi sumber daya dan penguatan jejaring.
Collections
- UT - Business [425]