Analisis Uji Hedonik terhadap Modifikasi Produk Frushi Varian Nusantara dengan Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal
Abstract
Pangan lokal adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat
sesuai potensi dan kearifan lokal. Pangan lokal digunakan sebagai bahan tambahan
dalam pembuatan modifikasi hidangan snack. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis hasil uji hedonik terhadap modifikasi produk Frushi varian Nusantara.
Frushi merupakan singkatan dari “Fruity Sushi” yang dapat diartikan sebagai sushi
buah yang memiliki cita rasa manis. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
uji hedonik dan uji komparatif dengan jumlah subjek sebanyak 100 panelis. Data
karakteristik subjek diperoleh dari kuisioner uji hedonik. Rata-rata subjek
merupakan mahasiswa dengan rentang umur 21-25 tahun. Hasil uji hedonik
menunjukan bahwa produk Frushi varian Nusantara dapat diterima dengan baik
oleh konsumen dari segi penampilan, warna, tekstur, aroma dan rasa, dengan hasil
rentang nilai 4-5 yang berarti memiliki nilai sangat baik. Uji komparatif
menunjukan bahwa pada aspek penampilan, warna, tekstur dan aroma tidak
terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05) antar variabel, sedangkan pada aspek
rasa menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan (p<0,05) antar variabel. Uji
lanjut pada aspek rasa menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara sampel 149 dengan sampel 581. Local food is food consumed by local people in accordance with local
potential and wisdom. Local foods are used as additional ingredients in making
modified snack dishes. This research aims to analyze the results of hedonic tests on
modifications to the Nusantara variant of the Frushi product. Frushi is an
abbreviation of "Fruity Sushi" which can be interpreted as fruit sushi that has a
sweet taste. The tests used in this research were hedonic tests and comparative tests
with 100 panelists as subjects. Data on subject characteristics were obtained from
the hedonic test questionnaire. The average subject is a student with an age range
of 21-25 years. The results of the hedonic test show that the Frushi Nusantara
variant of the product can be well received by consumers in terms of appearance,
color, texture, aroma and taste, with results ranging from 4-5, which means it has a
very good score. The comparison test shows that in the aspects of appearance, color,
texture and aroma there are no significant differences (p>0.05) between variables,
while in the taste aspect there are significant differences (p<0.05) between variables.
Further testing on the taste aspect showed that there was a significant difference
between sample 149 and sample 581.