Analisis Strategi Operasional Pemasaran Komoditas Terung Ungu (Solanum melongena) Poktan Sahabat Tani Banten
Abstract
Terung ungu merupakan salah satu komoditas hortikultura yang dibudi dayakan di Banten. Kelompok Tani Sahabat Tani memiliki permasalahan pada penjualan komoditas terung ungu yaitu permintaan yang rendah dan pemasaran yang belum optimal. Tujuan penelitian merumuskan strategi operasional alternatif pemasaran yang tepat. Penelitian dilakukan pada bulan November 2023 hingga Maret 2024 berlokasi di Kecamatan Muncang, Banten. Berdasarkan analisis lingkungan IFE dan EFE dan IE komoditas terung ungu Poktan Sahabat Tani di sel dua (tumbuh dan bina). Pada analisis SWOT diperoleh berbagai alternatif strategi operasional kemudian diolah menggunakan AHP. Hasil analisis AHP menunjukkan strategi operasional pemasaran paling dipengaruhi oleh faktor kemasan dan label (0,539). Aktor berpengaruh adalah divisi pemasaran (0,506). Tujuan utama mengoptimalkan keuntungan (0,545), strategi pemasaran paling prioritas weakness threat (W-T) yaitu memperbaiki kemasan komoditas terung ungu (0,400). Pada analisis perbandingkan kemasan digunakan metode VIEW kepada konsumen. Nilai total rata-rata pada kemasan baru yaitu sebesar 4,5 (sangat tinggi) sedangkan
kemasan lama mendapatkan nilai total rata-rata sebesar 1,7 (sangat rendah).
