Kreativitas Video Editor pada Produksi Video Profil dalam Digital Branding Galeri Bumi Parawira
Abstract
Kreativitas editor sangat diperlukan dalam membuat sebuah video agar video tersebut menarik untuk ditonton. Tujuan penulisan laporan proyek akhir ini adalah untuk mengimplementasikan kreativitas video editor pada produksi video profil Galeri Bumi Parawira di Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor dan juga mendeskripsikan analisis insight video profil Galeri Bumi Parawira setelah dilakukanya publikasi. Proyek ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, partisipasi aktif, wawancara, dan juga studi literatur. Hasil proyek akhir menunjukkan bahwa editor memiliki kreativitas dan menguasai enam elemen editing yakni motivasi (motivation), informasi (information), komposisi (composition), suara (audio), sudut pengambilan gambar (camera angle) dan kesinambungan (continuity). Untuk menghasilkan video yang berkualitas, dibutuhkan editor yang kreatif dan dapat menguasai ke enam elemen editing tersebut. Instagram memiliki fitur insight yang disediakan dalam bentuk visualisasi data. Fitur ini dapat digunakan dalam menganalisis feedback yang diberikan oleh viewers/followers yang telah menonton video profil yang telah dipublikasi. Selain itu, terdapat pula peningkatan feedback yang cukup signifikan terhadap video profil yang dipublikasi yang menandakan bahwa banyaknya viewers/followers yang tertarik dengan video profil yang telah dibentuk. Editorial creativity is very necessary in making a video so that the video is interesting to watch. The aim of writing this final project report is to implement video editor creativity in the production of the Bumi Parawira Gallery profile video in the Bogor City Library and Gallery and also to describe the insight analysis of the Bumi Parawira Gallery video profile after publication. This project uses data collection techniques by observation, active participation, interviews, and also literature study. The final project results show that the editor has creativity and masters the six editing elements, namely motivation, information, composition, audio, camera angle and continuity. To produce quality videos, you need a creative editor who can master the six editing elements. Instagram has an insight feature that is provided in the form of data visualization. This feature can be used to analyze feedback provided by viewers/followers who have watched published profile videos. Apart from that, there is also a significant increase in feedback on published profile videos, which indicates that many viewers/followers are interested in the profile videos that have been created.