Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Shopee Paylater
Abstract
Perkembangan layanan paylater meningkat seiring dengan perubahan kebiasaan belanja masyarakat yang menyukai belanja secara online. Salah satunya layanan Shopee Paylater yang bersaing dengan penyedia paylater lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku penggunaan Shopee Paylater agar menjadi bahan evaluasi dan menentukan strategi pengembangan Shopee Paylater. Analisis dilakukan menggunakan model The Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online kepada 190 pengguna Shopee Paylater kemudian data diolah menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja dan pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku menggunakan Shopee Paylater. Sedangkan perilaku penggunaan Shopee Paylater dipengaruhi positif signifikan oleh niat perilaku. Strategi yang dapat dilakukan Shopee adalah mengadakan program referral dan mempertahankan pemberian voucher kepada pengguna Shopee Paylater. The development of paylater services is increasing along with changes in people
Collections
- UT - Business [425]