Strategi Sentul 8 Hotel Menggunakan SWOT Analisis
Abstract
Objektif: Sentul 8 hotel adalah bisnis yang berorientasi pada jasa penyewaan kamar. Oleh karena itu, untuk
mengidentifikasi lingkungan bisnis internal dan eksternal sehingga bisnis mampu bertahan di tengah kompetisi
dan meningkatkan kemampuan usaha sesuai dengan visi dan misi yang ada. Ada tiga responden yang dipilih
untuk proses pengambilan keputusan. Alat-alat analisis yang digunakan adalah IFE Matrikx, EFE Matrix, IE
Matrix, dan SWOT Matrix. IFE dan EFE Matrix menunjukkan bahwa bisnis memiliki kondisi internal rata-
rata dan itu adalah posisi yang baik untuk menanggapi lingkungan eksternal. Metodologi: Metode pengolahan dan analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis
kualitatif digunakan mengetahui lingkungan perusahaan dari segi kekuatan dan kelemahan yang perusahaan
miliki, serta peluang dan ancaman yang perusahaan hadapi. Sedangkan analisis kuantitatif ada matrik IFE, matrik EFE, matrik SWOT. Hasil: Berdasarkan hasil analisis matriks EFE dan IFE, hotel Sentul 8 berada pada kuadran V (2.938 :
2.844 ) yaitu hold and maintain. Dengan demikian jenis strategi yang tepat untuk dilaksanakan adalah strategi
intensif (penetrasi pasar dan pengembangan pasar). Implikasi Praktis: - Jenis Naskah: Makalah Penelitian
Collections
- Management [64]