Strategi Pengembangan Pemasaran Yogurt Nouhita dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT
Abstract
Yogurt Nouhita merupakan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) yang diklasifikasikan sebagai yogurt drink dan flavoured. Terdapat
tantangan yang dihadapi, diantaranya pada bagian pengembangan usaha yaitu,
belum adanya strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
strategi pengembangan bisnis yogurt di Kelompok Ternak Mandiri Sejahtera
(KTMS) menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif melalui
identifikasi model bisnis BMC, menganalisis pemasaran yogurt Nouhita di KTMS
dengan menggunakan analisis SWOT, menganalisis peluang pengembangan
pemasaran yogurt Nouhita dengan menggunakan strategi alternatif. Hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa yogurt Nouhita menyasar penjual produk yogurt
kepada semua kalangan baik anak-anak, remaja, dan dewasa. Yogurt Nouhita hadir
untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan. Usaha yogurt Nouhita perlu
melakukan evaluasi untuk dapat mengembangkan usahanya. Beberapa elemen yang
perlu ditingkatkan, diantaranya value proposition, channel, key activities, key
resource, revenue stream, dan cost structure.