Strategi Peningkatan Daya Saing Minyak Sawit di Pasar Internasional
View/ Open
Date
2024-06Author
Nurrochmat, Dodik Ridho
Setiajiati, Fitta
Ekayani, Meti
Siregar, Iskandar Zulkarnaen
Tarigan, Suria Darma
Nurrochmat, Nugraha Akbar
Yudha, Yoshua Shandy
Irawan, Suhendi
Metadata
Show full item recordAbstract
Upaya peningkatan daya saing produk sawit Indonesia di pasar global, perlu double track strategy: 1) meningkatkan produktivi- tas dan 2) efisiensi produksi dan menyusun strategi bauran pemasaran produk minyak sawit untuk pasar domestik dan global. Indonesia saat ini menjadi pemimpin pasar produk sawit dan turunannya di pasar global. Namun, mengingat rendahnya nilai tambah bahan baku seperti CPO, ekspor bahan mentah perlu dibatasi dan harus fokus pada ekspor produk sawit olahan bernilai tambah tinggi dengan target pasar yang lebih spesifik.