Business Development Strategy Of Spinach Vegetables In Hidroponik Nusantara, East Jakarta Strategi Pengembangan Bisnis Sayuran Bayam Pada Hidroponik Nusantara, Jakarta Timur
View/ Open
Date
2024-06Author
Rahmadanti, Fildzarani Dina
Sastrawan, Uding
Metadata
Show full item recordAbstract
Hortikultura adalah sub sektor yang terus berkembang sebagai sumber bahan baku pangan yang dapat dibudidayakan, namun di Indonesia mengalami keterbatasan lahan pertanian akibat alih fungsi lahan. Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tumbuh, memungkinkan budidaya hortikultura dengan lahan terbatas. Hidroponik Nusantara di Jakarta Timur membudidayakan bayam hijau (Amaranthus tricolor), tanaman kaya nutrisi yang diminati masyarakat. Namun, 5 sampai 8 kg bayam hijau tidak lolos sortasi setiap panen, sehingga perlu penanganan khusus untuk mengembangkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan bisnis, memformulasikan strategi berdasarkan analisis SWOT, dan menyusun strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan. Metode penelitian menggunakan desain kualitatif dengan teknik survei dan wawancara terhadap informan kunci dari Hidroponik Nusantara. Analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang tepat dapat meningkatkan produksi dan kualitas bayam hijau, serta mengembangkan produk turunan untuk meningkatkan nilai tambah. Dengan pemanfaatan teknologi hidroponik dan kolaborasi yang efektif, Hidroponik Nusantara memiliki peluang besar untuk berkembang dalam pasar sayuran hidroponik di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya
Collections
- Diploma Programme [62]