Show simple item record

dc.contributor.advisorYulian, Bayu Eka
dc.contributor.authorOctavia, Angele Putri
dc.date.accessioned2024-06-24T13:18:31Z
dc.date.available2024-06-24T13:18:31Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152901
dc.description.abstractBank Sampah Asri Mandiri menjadi wadah bagi masyarakat Desa Benteng untuk mengelola sampah. Eksistensi bank sampah tersebut hingga saat ini tak lepas dari tata kelola yang baik. Ketika kesadaran masyarakat telah meningkat, harapannya masyarakat turut berpartisipasi dalam mengelola sampah di Bank Sampah Asri Mandiri. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis efektivitas tata kelola bank sampah di Bank Sampah Asri Mandiri, menganalisis kesadaran nasabah dalam mengelola sampah melalui Bank Sampah Asri Mandiri, menganalisis tingkat partisipasi nasabah yang menjadi nasabah di Bank Sampah Asri Mandiri, dan menganalisis hubungan efektivitas tata kelola bank sampah dengan kesadaran dan partisipasi nasabah dalam mengelola sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan didukung oleh data kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi rank spearman menunjukkan bahwa tingkat efektivitas tata kelola bank sampah memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kesadaran dan partisipasi nasabah. Hasil uji korelasi menunjukkan semakin tinggi tingkat efektivitas tata kelola bank sampah dapat menentukan tinggi rendahnya tingkat kesadaran nasabah dalam mengelola sampah serta semakin efektif tata kelola bank sampah dapat memengaruhi tingkat partisipasi nasabah dalam mengelola sampah di bank sampah.id
dc.description.abstractAsri Mandiri Waste Bank is a forum for the people of Benteng Village to manage waste. The existence of this waste bank to date cannot be separated from good governance. When public awareness has increased, it is hoped that the public will participate in managing waste at the Asri Mandiri Waste Bank. The objectives of the research include analyzing the waste bank management mechanism at the Asri Mandiri Waste Bank, analyzing customer awareness in managing waste through the Asri Mandiri Waste Bank, analyzing the level of customer participation as customers at the Asri Mandiri Waste Bank, and analyzing the relationship between waste bank management and awareness and customer participation in waste management. This research uses a quantitative approach supported by qualitative data. Quantitative data analysis using the Spearman rank correlation test shows that the level of effectiveness of waste bank management has a significant relationship with the level of customer awareness and participation. The correlation test results show that the higher the level of effectiveness of waste bank management can determine the level of customer awareness in managing waste and the more effective waste bank management can influence the level of customer participation in managing waste at the waste bank.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan Efektivitas Tata Kelola Bank Sampah dengan Kesadaran dan Partisipasi Nasabah dalam Mengelola Sampahid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordawarenessid
dc.subject.keywordmanagementid
dc.subject.keywordparticipationid
dc.subject.keywordwaste bankid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record