Strategi Pemasaran Sepatu Kulit Cibaduyut Kota Bandung
Date
2024-03Author
Alamsyah, Mahmud Gezthadj Farhaq Noor
Widyastuti, Hardiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Sepatu kulit merupakan salah satu bisnis di bidang industri fashion. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemasaran sepatu kulit di Cibaduyut Kota Bandung dengan menggunakan pendekatan saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan lembaga pemasaran. Berdasarkan analisis IFE, Sepatu Cibaduyut berada pada posisi internal yang kuat dikarenakan nilai total skor masih di bawah rata-rata matriks IFE 2.5 dan berdasarkan analisis EFE diperoleh total skor sebesar 3,01 yang menunjukan bahwa UKM Sepatu Cibaduyut ada potensi memanfaatkan peluang dan mampu mengatisipasi ancaman industrinya. Hasil analisis SWOT diperoleh berbagai alternatif strategi yang diolah menggunakan AHP. Hasil analisis AHP menunjukkan strategi pemasaran paling dipengaruhi oleh faktor UKM (0,496). Aktor yang dominan dalam penyusunan strategi ini adalah pengrajin (0,478). Tujuan yang ingin dicapai dalam penerapan strategi ini adalah Mempertahankan minat konsumen terhadap sepatu lokal (0,261), Meningkatkan keuntungan dan memperluas pasar (0,306), Mempertahankan keberlangsungan usaha UKM sepatu kulit (0,294).
Collections
- UT - Management [3449]