View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Studi tentang daya penggerak kapal ikan (BHP) dan aspek-aspek teknis terkait

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (29.73Mb)
      Date
      1993
      Author
      Fara, Flora Andheka
      Pasaribu, Bonar P.
      Panjaitan, James P.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pembangunan kapal yang digerakkan dengan motor, belum sepenuhnya dipergunakan perhitungan secara ilmu perkapalan untuk menentukan daya penggerak kapal dan besarnya dimensi baling-baling kapal yang dibutuhkan. Sehingga bila ditinjau dari segi efisiensi dan effektivitas pengoperasian kapal yang menyangkut kelaiaklautan belum terpenuhi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 1992 berlokasi di Teluk Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Studi kasus dilakukan terhadap kapal-kapal bermotor yang beroperasi di Perairan Teluk Pelabuhan Ratu. Formula dari metode Holtrop Mennen dan M. W. C. Oosterveld Van P. Oossanen (Panjaitan, 1992). Metode Holtrop Mennen dipergunakan untuk menentukan daya penggerak kapal ikan (BHP) yang di- butuhkan. Dan Metode Oosterveld Oossaanen untuk menentukan dimensi baling-baling kapal yang dibutuhkan. Di Teluk Pelabuhan Ratu, kapal payang yang berukuran 5.84 GT mempunyai kisaran panjang 9.30 12.25 m, lebar 2.20 2.98 m, dalam 0.89 1.25 m dan nilai CB 0.38 0.46, dipasang dengan motor tempel berdaya 40 HP yang dilengkapi dengan baling-baling berdiameter 0.30 m. Beroperasi dengan kecepatan 5.0 - 6.0 knot. Kapal gillnet berukuran 4.77 GT dengan kisaran pan- jang 9.96 12.25 m, lebar 1.74 1.20 m dan nilai CB 0.37 2.77 m, dalam 0.68 0.48, dipasang dengan motor tempel berdaya 40 HP, baling-baling berdiameter 0.30 m. Kapal purse seine berukuran 7.61 GT mempunyai kisaran panjang 10.50 11.50 m, lebar 3.30 3.60 m, dalam 1.00 1.20 m dan nilai CB 0.45 0.53, dipasang dengan 2 motor tempel berdaya 40 59 HP yang dilengkapi dengan 2 buah baling-baling berdiameter 0.40 m. Beroperasi dengan kecepatan 5.0 6.5 knot. ...
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152359
      Collections
      • UT - Fisheries Resource Utilization [1889]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository