View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Fisheries and Marine Science
      • UT - Fisheries Resource Utilization
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Studi tentang penampilan stabilitas kapal tuna longline 60 GT

      Thumbnail
      View/Open
      full text (13.20Mb)
      Date
      1999
      Author
      Alviah, Evi
      Panjaitan, James P.
      Pasaribu, Bonar P.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kapal kayu masih mendominasi kapal-kapal penangkap ikan di Indonesia. Hal ini dapat dipahami dari keadaan geografis, ketersediaan dan keterbatasan sumberdaya alam kayu (berbagai jenis kayu tumbuh di daerah tropis) di Indonesia serta harga murah dalam pembuatannya. Kurang lebih 95% kapal ikan tradisional yang beroperasi di perairan Indonesia pada umumnya kurang memenuhi kriteria stabilitas yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO). Masalah yang dihadapi oleh industri galangan kapal dalam negri dalam membangun kapal adalah belum adanya kepercayaan yang bulat dari perusahaan perikanan kepada galangan untuk membangun kapal-kapal tersebut. Hal ini disebabkan karena informasi tentang pengoperasian kapal yang baik tidak dapat diperoleh galangan dengan baik (Warta Mina, 1989). Dalam penelitian ini dilakukan analisa terhadap stabilitas kapal khususnya kapal tuna longline 60 GT. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian terhadap stabilitas kapal ini dapat memperkecil resiko kesalahan dalam operasi penangkapan ikan dan keselamatan kapal, barang serta ABK (Anak Buah Kapal). Kapal tuna longline 60 GT yang diteliti memiliki LOA 23.20m, LPP 18.45m, lebar (B) 5.10m, dalam (D) 2.20m dan draft 1.70m. Sedangkan perbandingan nilai L/B, L/D dan B/D masing-masing adalah 3.62 m, 8.39 m dan 2.32 m. Nilai standar yang digunakan bagi kapal-kapal yang memiliki panjang ± 20 m adalah L/B 4.30 4.90 m, L/D 8.50-9.50 m dan B/D 1.90-2.30 m. Berdasarkan nilai standar tersebut maka nilai L/B, L/D dan B/D kapal yamg diteliti masih dibawah nilai standar. Nilai L/B yang kecil akan berpengaruh negatif terhadap kecepatan kapal sedangkan nilai L/D yang kecil akan menyebabkan kekuatan memanjang kapal kurang baik dan nilai B/D kapal yang besar akan menyebabkan stabilitas kapal yang baik....
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151920
      Collections
      • UT - Fisheries Resource Utilization [1889]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository