Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Pasar Modern (Studi Kasus TIP TOP Swalayan Tangerang Selatan)
Abstract
TIP TOP adalah satu bentuk pasar swalayan yang bergerak dalam
persaingan ritel modern. Agar bertahan dalam persaingan, TIP TOP seyogyanya
memahami apa yang konsumen inginkan sehingga mereka puas dan pada akhirnya
mereka loyal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen,
menganalisis kepuasan konsumen dan menganalisis hubungan kepuasan dengan
loyalitas konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
dengan 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling dan
pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation
Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan konsumen TIP TOP didominasi
oleh perempuan berusia 30-39 tahun dan melakukan kunjungan sebanyak satu kali
per-bulan. Atribut kepuasan konsumen paling tinggi terdapat pada atribut
konsumen puas dengan lokasi TIP TOP yang mudah dijangkau. Berdasarkan
analisis brand loyalty bentuk loyalitas paling tinggi yaitu switcher buyer. Hasil
analisis SEM dengan metode partial least square (PLS) menyatakan bahwa
variabel kepuasan konsumen terkait kualitas produk memiliki pengaruh positif
langsung secara signifikan terhadap loyalitas.
Collections
- UT - Management [3374]