dc.description.abstract | Era globalisasi dengan sistem perdagangan bebas yang semakin kompetitif dan ketat sekarang ini, telah menimbulkan masalah bagi perusahaan dan dunia usaha dalam mencapai tujuan-tujuannya. Perusahaan sebagai pemilik faktor-faktor produksi dituntut berlaku efisien untuk menghasilkan output. Oleh karena itu diperlukan strategi fungsional yang meliputi bidang pemasaran, keuangan, operasi, produksi dan sumberdaya manusia yang pada intinya bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas perusa- haan.
Bidang produksi sebagai salah satu strategi fungsion- al dari sebuah unit bisnis, memegang peranan penting dalam menghasilkan suatu produk. Produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan biaya dan kualitas tertentu. Oleh karena itu eratnya hubungan antara fungsi produksi, sebagai penghasil produk dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen dalam fungsi pemasaran perlu mendapat perhatian untuk dikaji. Dengan alasan itulah, optimalis- asi produksi yang dikaitkan dengan pemenuhan permintaan pasar dipilih sebagai topik dalam geladikarya ini dan diharapkan dapat memberikan masukan yang berarti bagi perusahaan.
Sebagai obyek kajian terhadap topik tersebut, dipilih perusahaan swasta PT. Ketapang Indah Plywood yang berkedudukan di Pontianak. Produk yang dihasilkan adalah kayu lapis, film-fenolat serta papan blok. Beberapa masalah yang dihadapi oleh PT. Ketapang Indah Plywood dalam bidang produksi adalah: ... | id |