Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorBasith, Abdul
dc.contributor.authorSuwignyo
dc.date.accessioned2024-05-23T12:50:37Z
dc.date.available2024-05-23T12:50:37Z
dc.date.issued1997
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151436
dc.description.abstractKemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Kebijakan PAKΤΟ 88 telah memacu perkembangan industri perbankan nasional. Dari jumlah bank yang semula (tahun 1988) sebanyak 111 bank meningkat menjadi 240 bank pada tahun 1995. Demikian pula jumlah kantor bank meningkat pesat dari 1.728 kantor pada tahun 1988 menjadi 5.288 kantor pada tahun 1995. Perkembangan perbankan nasional juga dibuktikan dengan pertumbuhan pesat finansial perbankan nasional seperti asset, penghimpunan dana pihak ke tiga dan kredit yang disalurkan. Pemberian peran yang lebih besar kepada bank swasta nasional dalam kebijakan tersebut telah dimanfaatkan dengan baik oleh bank-bank swasta nasional yang meningkat dengan tajam. Sembilan tahun sudah perjalanan PAKTO 88 yang diwarnai dengan persaingan yang semakin tajam pada industri perbankan nasional. Terjadi pergeseran pangsa pasar (dana pihak III dan kredit) dari bank pemerintah ke bank swasta terlihat dari pertumbuhan finansial bank-bank pemerintah lebih lambat atau tidak secepat bank swasta. Hasil riset PT. Nielsen Survey Research Indonesia (SRI) menyatakan terjadi pergeseran minat konsumen dani bank pemerintah ke bank swasta. Demikian pula halnya atas pangsa pasar Bank X yang dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dari kondisi tersebut, timbul suatu pertanyaan mengapa terjadi pergeseran tersebut dan mengapa bank-bank swasta tumbuh lebih cepat dibandingkan bank pemerintah. Bagaimana perilaku atau persepsi konsumen/nasabah dalam memilih bank. Tujuan penelitian ini adalah mencari jawaban atas masalah tersebut di atas yaitu: (1) Menganalisis atau mengetahui citra dan positioning Bank X dan bank pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen (2) Menganalisis atau mengetahui hubungan status demografi dengan persepsi konsumen dalam memilih bank. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diimplikasikan ke dalam strategi pemasaran Bank X untuk lebih efektif dalam mengatasi persaingan, lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan. konsumen, dengan tujuan akhir menigkatkan pangsa pasar Bank X...dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Citra dan Positioning Bank X dan Bank Pesaingnya Serta Implikasinya Bagi Strategi Pemasaran Bank Xid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordstrategi pemasaranid
dc.subject.keywordanalisis citraid
dc.subject.keywordBankid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record