Analisis Citra dan Positioning Bank X dan Bank Pesaingnya Serta Implikasinya Bagi Strategi Pemasaran Bank X
Abstract
Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Kebijakan PAKΤΟ 88 telah memacu perkembangan industri perbankan nasional. Dari jumlah bank yang semula (tahun 1988) sebanyak 111 bank meningkat menjadi 240 bank pada tahun 1995. Demikian pula jumlah kantor bank meningkat pesat dari 1.728 kantor pada tahun 1988 menjadi 5.288 kantor pada tahun 1995. Perkembangan perbankan nasional juga dibuktikan dengan pertumbuhan pesat finansial perbankan nasional seperti asset, penghimpunan dana pihak ke tiga dan kredit yang disalurkan. Pemberian peran yang lebih besar kepada bank swasta nasional dalam kebijakan tersebut telah dimanfaatkan dengan baik oleh bank-bank swasta nasional yang meningkat dengan tajam.
Sembilan tahun sudah perjalanan PAKTO 88 yang diwarnai dengan persaingan yang semakin tajam pada industri perbankan nasional. Terjadi pergeseran pangsa pasar (dana pihak III dan kredit) dari bank pemerintah ke bank swasta terlihat dari pertumbuhan finansial bank-bank pemerintah lebih lambat atau tidak secepat bank swasta. Hasil riset PT. Nielsen Survey Research Indonesia (SRI) menyatakan terjadi pergeseran minat konsumen dani bank pemerintah ke bank swasta. Demikian pula halnya atas pangsa pasar Bank X yang dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dari kondisi tersebut, timbul suatu pertanyaan mengapa terjadi pergeseran tersebut dan mengapa bank-bank swasta tumbuh lebih cepat dibandingkan bank pemerintah. Bagaimana perilaku atau persepsi konsumen/nasabah dalam memilih bank.
Tujuan penelitian ini adalah mencari jawaban atas masalah tersebut di atas yaitu: (1) Menganalisis atau mengetahui citra dan positioning Bank X dan bank pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen (2) Menganalisis atau mengetahui hubungan status demografi dengan persepsi konsumen dalam memilih bank. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diimplikasikan ke dalam strategi pemasaran Bank X untuk lebih efektif dalam mengatasi persaingan, lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan. konsumen, dengan tujuan akhir menigkatkan pangsa pasar Bank X...dst
Collections
- MT - Business [1569]